Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
- Multimedia Content Production adalah penggunaan
beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa
teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara
yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang
digunakan adalah :
- Media teks/tulisan
- Media audio/suara
- Media video
- Media animasi
- Media gambar
- Media Interaktif
- Media spesial effect
- Multimedia Communication adalah penggunaan media
(massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk
mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan,
publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini
media yang digunakan adalah :
- TV
- Radio
- Film
- Media Cetak
- Musik
- Game
- Entertainment
- Tutorial
- Internet
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi
lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi
tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang
dikeluarkan oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4)
bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat
dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan
mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari
apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang
sama.
Elemen Multimedia
- Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk
menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling
sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil.
Teks merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide
kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah
dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu
teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara
diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang
dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu
jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik
tertentu.
- Grafik (image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan
disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan
kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan
dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada
layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau
kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps.
Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
- Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
- WAVE
Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV - MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music
dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil.
MIDI disimpan dalam bentuk MID.
- Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi
multimedia.Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan
lewat kata-kata atau gambar dia dan dapat menggambarkan emosi dan
psikologi manusia secara lebih jelas.
- Animasi
Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi. Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes (1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi mencakup
semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering.